Semenjak kehadiran internet, para penggunananya atau akrab dikenal dengan netizen, begitu sensitif. Baik berita guyonan, sensasional hingga serius direspon dengan berbagai cara-cara unik dan kreatif.

Termasuk hajatan Pilkada serentak beberapa waktu lalu. Lini massa media sosial di sesaki dengan #Pilkadaserentak. Menariknya, pesta demokrasi massal di berbagai daerah ini bertepatan dengan Hari Anti Korupsi Sedunia. Momentum yang pas dengan makna yang sangat jelas. Bagi yang terpilih sebagai pemimpin agar jangan korupsi. Demikian, makna versi saya pribadi.

Timing ini juga dimanfaatkan oleh Change.org. Petisi online yang belakangan banyak digunakan oleh publik untuk melakukan perubahan sosial. Petisi ini memanfaatkan musim Pilkada dengan Hari Anti Korupsi. Pihak Change.org mengirim survei kepada seluruh penggunanya untuk meminta pendapat seputar pemberantasan korupsi di Indonesia.

Ada 10 pertanyaan yang diajukan. Secara garis besar meliputi korupsi di lembaga pemerintahan, peran KPK, dan kebebasan mengkritik perilaku koruptif. Dalam waktu 24 jam, lebih dari 40 ribu orang berpartisipasi. 64% pengguna mengisi angket menggunakan ponsel.

Hasilnya bisa nikmati dari pengolahan dan visualisasi data dibantu oleh Public Virtue Institute dibawah ini.

Selamat menikmati!

 

HariAntiKorupsi

 

Share Your Thought